"Allah subhanahu wata'ala Maha Mengetahui segala isi hati. Mari merasa diawasi oleh Allah, dibersamai Allah, dilihat Allah dimanapun kita berada. Semoga ALlah subhanahu wata'ala membimbing kita semua. Aamiin."

SAATNYA BERBURU LAILATUL QADAR

Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan. Maka tak salah jika setiap kaum Muslim berburu malam lailatul qadar, utamanya disepuluh hari terakhir bulan ramadhan.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa malam lailatul qadar yang diisi dengan ibadah hanya mengharap pahala dari Allah swt, maka akan diampuni segala dosa yang telah dikerjakan.

"Barangsiapa yang menegakkan lailatul qadar (mengisi dengan ibadah) karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dariNya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya" (HR. Bukhari: 1768)

Kapan malam lailatul qadar terjadi?
Tidak ada yang tahu tanggal pastinya. Yang jelas ada beberapa isyarat yang Rasulullah saw sampaikan dalam beberapa hadits, diantaranya sebagai berikut :

“Bisa jadi lailatul qadar ada pada sembilan hari yang tersisa, bisa jadi ada pada tujuh hari yang tersisa, bisa jadi pula pada lima hari yang tersisa, bisa juga pada tiga hari yang tersisa” (HR. Bukhari).

“Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2017)

Adapun tanda tanda malam lailaitl qadar diantaranya adalah

Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
هِىَ اللَّيْلَةُ الَّتِى أَمَرَنَا بِهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِقِيَامِهَا هِىَ لَيْلَةُ صَبِيحَةِ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَأَمَارَتُهَا أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فِى صَبِيحَةِ يَوْمِهَا بَيْضَاءَ لاَ شُعَاعَ لَهَا.
“Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR. Muslim no. 762)

Ibnu Hajar Al Asqalani rahimahullah berkata,
وَقَدْ وَرَدَ لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ عَلَامَاتٌ أَكْثَرُهَا لَا تَظْهَرُ إِلَّا بَعْدَ أَنْ تَمْضِي
“Ada beberapa dalil yang membicarakan mengenai tanda-tanda lailatul qadar. Namun itu semua tidaklah nampak kecuali setelah malam tersebut berlalu.” (Fath Al-Bari, 4: 260)

Wallahualam...
Ya Allah bimbinglah kami...

0 Response to "SAATNYA BERBURU LAILATUL QADAR"

Post a Comment

Arikel pilihan

Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru melalui Email