"Allah subhanahu wata'ala Maha Mengetahui segala isi hati. Mari merasa diawasi oleh Allah, dibersamai Allah, dilihat Allah dimanapun kita berada. Semoga ALlah subhanahu wata'ala membimbing kita semua. Aamiin."

Cara mengajari anak menghafalan Al-Qur’an

cara mengajari anak hafalan Al-Qur’an - Mengajari anak hafal Al-Qur’a? Sejak usia kecil? Memangnya bisa? Sebagian orang masih meragukan bahwa anak kecil bisa menghafal al-qur’an lebih cepat daripada orang dewasa. Sebagian juga ada yang khawatir, masih kecil kok dikasih hafalan, kok dipaksa untuk menghafal. Seaan kata “dipaksa” menjadikan anak-anak berat dan susah dalam menghafal al-qur’an. Bagaimana cara mengajari anak hafalan Al-Qur’an. Apa saja tips aar anak cepat hafal al-qur’an? Bagaimana engajari anak hafal al qur’an?

Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan iat praktisnya yang dapat kita lakukan. Simak baik-baik ya dan baca sampai selesai.

Apa itu al-qur’an?

Al-qur’an adalam kalamullah. Al-qur’an adalah mu’jizat untuk ummat Rasulullah Muhammad saw. Maka ayo berbondong-bondong mendekat kepada Al-qur’an agar ada keberkahan dan keajaiban dalam kehidupan kita. Aamiin.

Metode menghafal Al-Qur’an

Banyak yang mencari Metode agar cepat hafal Al-Qur’an. Ada metode 7 hari hafal al-qur’an, sebulan hafal al-qur’an, 40 hari hafal al-qur’an. Atau juga sehai satu ayat yang nantinya ending 17 tahun insyaallah sudah hafal al-qur’an. Ada juga metode dengan gerakan, dengan ilustrasi, dll.  Apa saja metode yang direkomendasikan bagi anak untuk menghafal? Berikut beberapa metode yang kami rekomendasikan yaitu :

Metode talaqi

Metode talaqi atau metode transfer hafalan dari syeikh / guru kepada murid. Guru melafalkan, murid menirukan. Metode ini adalah metode yang digunakan ketika al-qur’an pertamakali diturunkan kepada Rasulullah Muhammad saw yaitu metode talaqi. Jiril mentalaqikan hafalan kepada Rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wassalam.

Langkah teknisnya, guru mengulang beberapa kali. Kemudian murid menirukan. Uru mengulang kembali, murid menirukan, begitu terus sampai murid benar benar hafal.

Yang perlu diperhatikan dalam mentalaqi untuk anak-anak adalah panjang pendeknya kata atau kalimat. Biasanya anak-anak baru bisa menirukan satu, dua atau tiga suku kata. Maka dari suku kata terkecillah kita mengajarkan mereka menghafal ayat ayat al-qur’an. Jika yang terkecil sudah bisa menirukan, baru ditingkatkan suku kata yang dihafalkan.

Menghafal dengan metode ini sangat mudah dan mudah dilakukan. Karena talaqi sebenarnya adalah menghafal dengan menirukan. Apa yang disampaikan guru ditirukan oleh murid sampai hafal. Mudah buka? Meghafal hanyalah menirukan.

Kita kasih contoh menghafal surat an naba ayat 1 misalnya.
Pertama, guru membaca amma… diulang 2-3 kali. Kemudian murid diminta menirukan, “amma”. Jika murid sudah bisa, mintalah murid mengulang minimal 7 kali, akan lebih bagus jika diulang sebanyak 20 kali, 40 kali atau 100 kali, mungkin anak akan bosan kalau terlalu banyak. Jadi ulangilah sekitar 10 kali.

Kemudian tambah dengan satu suku kata berikutnya, “ya ta sa”. Ulangi dengan cara yang sama seperti diatas sampai benar benar hafal.

Langkah selanjutnya, gabungkan dua hafalan tersebut menjadi “amma yatasa..”. sambungkan “Amma yatasaaaluun”. Coba gabungkan dan talaqikan kepada anak-anak. Jreng. Jika anak sudah bisa Alhamdulillah… berarti anak sudah berhasil menghafal surat an-naba ayat 1.
Lakukan hal serupa untuk ayat-ayat berikutnya.

Metode gerakan

Metode gerakan pada dasarnya adalah talaqi, hanya saja yang ditalaqikan bukan hanya bacaan, namun juga gerakan. Gerakan disini bukan sekedar gerakan, namun gerakan disini mengandung makna. Makna ini menggambarkan arti kata dalam hafalan.

Gerakan ini cocok untuk menambah tadabbur atas ayat yang dihafal. Dengan gerakan juga dapat menambah pemahaman karena secara tidak langsung arti dari yang dihafal dapat dipahami. Gerakan juga dapat menjadikan anak tidak jenuh. Karena terkadang anak-anak juga jenuh, maka bergerak bisa menjadi salah satu selingan bagi mereka.

Untuk contoh gerakan dapat dicari gambarnya di internet.

Metode audio

Memperdengarkan audion murotal 24 jam di rumah, bisa menjadi salah satu alternative agar anak cepat menghafal al-qur’an. Metode ini cukup efektif terutama bagi orang tua yang belum mempunyai hafalan dan kesulitan mencarikan guru untuk anaknya. Gunakan saja audio murotal yang enak didengar.  Putar berulang-ulang.

Kelihatannya anak-anak bermain, nggak mendengarkan, padahal itu ayat al-qur’an ada yang masuk ke hati anak-anak. Maka tak heran jika ada orang yang hafal surat dalam al-qur’an hanya dengan mendengarkan murotal saja.

Ada beberapa syeikh yang bagus bisa jadi referensi menghafal. Misalnya syeikh al ghomidi, syeikh mishfary rosyid al afasy, Syeikh Muhammad toha, dan syeikh syeikh yang lain. Download di internet banyak.


Demikian beberapa metode mengajari anak agar hafal al-qur’an. Semoga Allah subhanahu wata’ala jadikan anak saya, anak anda, anak seluruh kaum muslimi dimuka bumi ini dimudahkan untuk menghafalkan al-qur’an, mengamalkan al-qur’an, mendakwahkan al-qur’an, dan mengajarkan al-qur’an. Aamiin. 

Arikel pilihan

Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru melalui Email