"Allah subhanahu wata'ala Maha Mengetahui segala isi hati. Mari merasa diawasi oleh Allah, dibersamai Allah, dilihat Allah dimanapun kita berada. Semoga ALlah subhanahu wata'ala membimbing kita semua. Aamiin."

Contoh kegiatan belajar mengajar yang baik

Mengajar merupakan keterampilan yang perlu dilatih dan diasah terus menerus. Tidak hanya satu atau dua kali, namun harus diulang berkali kali agar semakin baik. Tanpa keberanian mengawali maka belajar mengajar tidak akan berhasil. Maka cara untuk melawan ketidak beranian adalah dengan melakukannya. Lakukan saja. COba saja. Contoh kegiatan belajar mengajar yang baik.

Lalau bagaimana agar kegiatan belajar mengaja kita menjadi baik? Ada beberapa Contoh kegiatan belajar mengajar yang baik berikut yang dapat kita terapkan. COntoh berikut merupakan beberapa contoh sederhana yang bisa diaplikasikan oleh guru agar pembelajaran berjalan lancar dan barokah. Simak ya penjelasannya.

1. Awali dengan basmalah

Basmalah atau bismillahirrohmanirrohim merupakan bacaan yang dapat digunakan agar pembelajaran ada berkahnya. Karena segala kebaikan hendaknya diawali dengan basmalah. Termasuk pembelajaran, majlis ilmu hendaknya diawali dengan basmalah bersama-sama.

Basmalah, tersusun dari tiga kata:


بسم الله (ب -- اسم -- الله).


Yang diterjemahkan : "Dengan menyebut nama Allah". Para ulama menerangkan bahwas ucapan basmalah ini sangat berguna bagi seseorang yang hendak melakukan suatu amalan yang mulia. Dengan basmalah harapannya aktifitas itu mendapat barakah dari Allah subhanahu wata'ala. Mendapat tsawab (pahala) dan bermanfaat. Jadi mengawali suatu amalan perbuatan atau perkataan itu dengan membaca basmalah tidak lain hanya dalam rangka bertabarruk (mencari barakah) kepada Allah subhanahu wata'ala dan untuk mendapatkan pahala dari-Nya. 

2. Akhiri dengan khafaratul majlis

Tidak banyak guru yang melakukan, namun jika anda dapat melakukannya, insyaallah anda pembelajaran anda akan lebih berkesan dan ilmu yang diberikan insyaallah barokah. Ya. Bacalah do'a kafaratul majlis setelah selesai pembelajaran. Disebutkan dalam hadits,
عَنْ أَبِى بَرْزَةَ الأَسْلَمِىِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ بِأَخَرَةٍ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَقُومَ مِنَ الْمَجْلِسِ « سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ ». فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ لَتَقُولُ قَوْلاً مَا كُنْتَ تَقُولُهُ فِيمَا مَضَى. قَالَ « كَفَّارَةٌ لِمَا يَكُونُ فِى الْمَجْلِسِ ».
Dari Abu Barzah Al-Aslami, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata di akhir majelis jika beliau hendak berdiri meninggalkan majelis, “Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik (artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau dan aku meminta ampunan dan bertaubat pada-Mu).”
Ada seseorang yang berkata pada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, engkau mengucapkan suatu perkataan selama hidupmu.” Beliau bersabda, “Doa itu sebagai penambal kesalahan yang dilakukan dalam majelis.” (HR. Abu Daud, no. 4857;  Ahmad, 4: 425. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)


Semoga dua hal tersebut dapat menjadi Contoh kegiatan belajar mengajar yang baik dan semoga Allah berikan pemahaman dan kemudahan untuk mengamalkan. Aamiin.

Arikel pilihan

Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru melalui Email