"Allah subhanahu wata'ala Maha Mengetahui segala isi hati. Mari merasa diawasi oleh Allah, dibersamai Allah, dilihat Allah dimanapun kita berada. Semoga ALlah subhanahu wata'ala membimbing kita semua. Aamiin."

Manajemen CS / Admin

Cs atau customer service dalam bisnis online sangatlah penting. Karena Cs ini mementukan closing tidaknya atau terjadi penjualan atau tidak tergantung pada Cs dalam menangkap pembeli. Maka dari itu, erananya sangat signifikan dalam bisnis online. Adabnayak sistem Cs, salah satunya kalau tidak berhasil capai target closing, si cs langsung dipecat atau dengan sistem lain. Pokoknya macem-macem.

Alhamdulillah wasyukurillah bisa bersilaturahim ke produsen Alifni, Mbak Reny awal september 2019 ini. Dengan 9 karyawan yang dimanajemen dengan baik, alhamdulillah saya bisa belajar untuk memanajemen admin / Cs, minimal ada pengalaman dan ilmu yang bisa saya dapatkan.
 
Minyak Urut Bidara Ruqyah
Sebelum membahas bagaimana cs bekerja, ada beberapa saran yang beliau berikan untuk memaksimalkan penjualan dan ada beberapa pegalaman yang beliau sharingkan dari perjalanan bisnis hijabnya. Berikut beberapa saran dari beliau :

1. Gunakan google Bisnis

Panduan google bisnis ada banyak di internet, biasanya syaratnya cukup menggunakan alamat e-mail. Setiap android insyaallah bisa untuk membuat google bisnis, caranya lihat di internet ya. Mbak Reny cerita kalau ada customernya dari Surabaya datang ke ponorogo lantaran lihat usahanya muncul di google bisnis. Ayo, segera daftarkan usahamu di google bisnis, sudah banyak yang merasakan manfaatnya. Salahsatunya mas Dwi Wahyudi sate lego, dulu juga nyaranin pakai google bisnis, begitu juga dengan Pak Dasuki dengan annida konveksinya yang meraup banyak customer via google bisnis. Jadi penasaran kan? Segera aja daftarkan ya…

2. FB Ads

Mbak Reny nggak nyaranin pakai FB Ads, soalnya kalau produknya nggak ready, customer biasanya nggak jadi order, padahal sudahbayar ads. Iya juga sih ya. Makanya nyetok itu penting, selain membahagiakan customer, juga mengundang rezeki inshaallah. Tapi, ada lho solusi kalau tetep mau pakai fb ads, yaitu dengan cara bikin paket. Jadi yang dijual sudah pasti. Missal paket A, B, C, ya itu aja yang dijual, kan nggak ribet. Benar?

3. web

Dulu Mbak reny pakai web juga, tapi mengelola web tak semudah membuat kopi, jadi beliau sekarang nggak mengelola web. Meskipun demikian, web buat bisnis bersistem sangat membantu. Misalnya bisnis MLM, web sangat berperan penting, cumin modalya juga nggak sedikit, maintenance nya juga nggak kecil.

4. FB organic dan IG

Mbak Reny nyaranin kalau pakai FB Organic dan IG sebaiknya bikin banyak akun.

Itu yang sempet diingat saat ngobrol kemarin, nah selanjutnya bagaimana memanajemen admin atau customer service? Berikut beberapa catatan yang saya ingat : 

1. Siapkan jobdisknya cs

Secara umum jobdisknya jualan dan promosi

2. Admin direkrut dari group loker

Mencari CS memang tidak mudah, salah satu caraya lewat forum loker yang ada di FB, channel telegram, dll. Buat info loker semenarik mungkin.

3. Beri gaji pokok dan bonus penjualan

Berapa gaji pokoknya? Gaji pokok nya ..., bonus penjualan untuk merangsang agar cs semangat jualan. Missal berhasil closing 20jt dalam satu bulan bonus 10%, jadi terima gajinya 2jt sekian. Gedhe kan…

4. Cs juga mengelola FB dan IG

Biasanya 1 cs mengelola 3 fb dan 3 IG

5.  Cs diberikan keluasan membuat program diskon

6.  Berikan pembinaan upgrade skill untuk Cs

Biasanya mbak reny sendiri yang sampaikan materi, kadang juga sharing sama suhu-suhu yang sudah jago.

7. Jam kerja dan tidak ada makan siang

Jam kerja dari jam 07.30-15.00, biasanya jam 07.30-08.00 agenda pagi sholat duha dan tilawah.

8. Satu admin satu HP, satu group reseller

Ada group reseller yang disitu juga ada beberapa admin. Kalau order ya ke admin masing-masing.

Demikian yag bisa saya share dari silaturahim kemarin, semoga bermanfaat dan semakin sukses untuk kita semua. Aamiin. Menjadi Cs yang baik memang tidak mudah, namun jika kita sudah terbiasa dan tahu tips dan tricnya, inshaallah menjadi sangat mudah. Semoga sukses. Aamiin.

0 Response to "Manajemen CS / Admin"

Post a Comment

Arikel pilihan

Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru melalui Email